Latest News

Minggu, 06 Januari 2013

Ragam Gaya Busana Gubernur Jokowi

Ragam Gaya Busana Gubernur Jokowi
Setelah menjadi gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menanggalkan baju kotak-kotak yang masyhur digunakannya saat kampanye. Dalam setiap kegiatan, dia sering berganti-ganti busana. Paling sering adalah kemeja putih dengan lengan digulung yang kerap digunakan saat blusukan.

Jokowi pun mewajibkan PNS di Pemprov DKI untuk mengenakan baju Betawi setiap Rabu. Menurut dia, aturan berseragam Betawi setiap Rabu untuk menjadikan Jakarta sebagai daerah yang memiliki karakter. Apalagi Jakarta merupakan Ibu Kota Indonesia.

"Inilah kepribadian dalam berkebudayaan. Kalau bukan kita yang menghargai kebudayaan siapa lagi. Siapa yang suruh pakai kalau bukan kita. Harus mulai dari kita sendiri, kalau tidak kita akan lupa nanti," jelas Jokowi.

Banyak lagi jenis busana yang dikenakan Jokowi setiap harinya. Berikut ini beberapa gaya busana Jokowi.

1. Pakai baju Korpri

Baju Korpri dikenakan PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta setiap sebulan sekali. Jokowi pun kerap mengenakan baju Korpri misalnya saat peringatan Hari Ibu, Rabu (26/12) tahun lalu. Sebelumnya, Jokowi juga mengenakan baju Korpri saat memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (29/10).

Jokowi paling diingat ketika mengenakan baju Korpri terutama saat turun ke gorong-gorong di kawasan Thamrin, setelah upacara Hari Ibu. Jokowi masuk ke dalam gorong-gorong, setelah sebelumnya penutup gorong diangkat oleh petugas Satpol PP. Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono turut mendampingi.

Mengenakan pakaian Korpri berwarna biru lengan panjang, sepatu kets Jokowi turun ke bawah. Selama kurang lebih 4 menit mantan wali kota Solo itu berada di gorong-gorong yang masih tergenang air.

2. Pakai kaos grup rock

Jokowi mengenakan kaos grup rock saat menonton konser Guns N' Roses (GNR) yang digelar di Mata Elang International Stadium (MEIS), Ancol, Jakarta, Minggu (16/12). Bahkan Jokowi sudah terlihat sudah memakai kaos bertuliskan Guns N' Roses (GNR) saat bertandang ke Kantor DPD PDIP Tebet pukul 12.00 WIB.

Setelah menghadiri acara koordinasi pengurus DPD PDIP, Jokowi langsung meluncur ke Ancol. Jokowi nonton konser band rock asal Amerika Serikat tersebut.

Jokowi tampak antusias dan semringah. Pencinta musik rock ini mengaku kedatangannya bukan undangan khusus. "Ya kalau pakai tiket kayak kemarin saya nonton ya berdiri. Tidak ada undangan khusus (buat saya)," kata Jokowi.

Jokowi mengaku nonton GNR membeli tiket. "Harganya sekitar Rp 700 ribuan, di kelas III," ujarnya.

3. Pakai baju Linmas

Setiap Senin, Jokowi mengenakan baju Linmas. Pernah, Jokowi mengenakan baju Linmas saat menghadiri acara bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Saat itu sejumlah pejabat kementerian dan 33 kepala daerah dipanggil untuk menerima Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) 2013 di Istana Negara, Jakarta. Berbeda dengan pimpinan daerah lainnya, Jokowi memakai seragam perlindungan masyarakat (Linmas).

Di saat bersamaan, seluruh pejabat lainnya mengenakan pakaian safari saat menghadiri kegiatan tersebut. Pakaian itu membuatnya tampak mencolok dibandingkan gubernur lain yang juga hadir.Penampilannya itu mendapat respons dari Presiden SBY, saat menyerahkan DIPA kepada mantan wali kota Solo itu, kepala negara nampak tersenyum melihatnya.

4. Pakai kemeja putih lengan digulung

Jokowi sering mengenakan kemeja putih dengan lengan digulung terutama saat blusukan ke kampung maupun tepi sungai. Di antara kemeja putih Jokowi, ada yang bermotif kotak-kotak. Motif itu tersembunyi di balik kerah. Saat ditanya apa maknanya? Jokowi hanya menjawab singkat. "Nggak tahu, jadinya seperti ini," kata Jokowi di Kampung Melayu, Selasa (25/12).

Jokowi lantas bercerita, kemeja putih dengan motif kotak-kotak itu pesan di tukang jahit langganannya dari Solo. Jokowi mengaku memiliki 10 kemeja putih dengan harga satu buahnya Rp 70.000. "Jadinya seperti ini, putih dan ada kotak-kotak di kerahnya," kata Jokowi.

5. Jokowi pakai baju betawi

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meminta semua PNS DKI Jakarta mengenakan baju khas adat Betawi sebagai seragam kerja setiap hari Rabu. Sebagai orang yang menganjurkan, Jokowi mengaku sudah mempersiapkan setelan baju itu.

"Sarungnya saya sudah punya. Kemeja sudah punya. Celana sudah punya, peci sudah punya. Udah punya semuanya kok," kata Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (2/1).

Jokowi mengaku tak membeli semua itu. Menurutnya, semua itu sudah tersedia tanpa sepengetahuannya.

6. Pakai kemeja batik

Jokowi mengenakan kemeja batik lengan panjang terutama saat berkunjung ke berbagai institusi. Kemeja batik dikenakan saat Jokowi berkunjung ke KPK, 27 November tahun lalu. Dia tiba di Gedung KPK sekitar pukul 10.59 WIB, mengenakan batik coklat lengan panjang. Jokowi memilih turun di depan gerbang KPK. Kemudian dia berjalan kaki ke lobi KPK.

Jokowi juga mengenakan baju batik saat berkunjung ke kantor Kemenkeu di Lapangan Banteng. Begitu pula saat berkunjung ke kantor Kemenakertrans Jumat (2/11) untuk membahas upah buruh. Jokowi tiba langsung disambut Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

7. Pakai jas

Jokowi mengenakan jas pada saat berkunjung ke lembaga lain atau saat menghadiri acara-acara resmi kenegaraan. Pada Selasa 30 Oktober tahun lalu, Jokowi tampak mengenakan jas saat berkunjung ke Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Jokowi bersama Kepala BPKP Mardiasmo menjalin kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Badan Pengawasan keuangan dan Pembangunan, di Jakarta.

Jokowi juga mengenakan jas saat berkunjung ke Polda Metro Jaya membahas langkah untuk mengurangi kemacetan pada 22 Oktober. Momen lain Jokowi berjas saat melantik wali kota Jakarta Timur di kampung kumuh, Kamis (20/11).

8. Pakai Pakaian Dinas Upacara

Pada acara pelantikannya, Jokowi mengenakan kemeja putih dan celana putih yang dipesan di penjahit Feng Sin Tailor di kawasan Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Satu stel pakaian dinas upacara itu dipesan seharga Rp 2 juta.

Seragam pelantikan itu sudah dikenakan Jokowi saat berkunjung ke kediaman Ali Sadikin sebelum pelantikan digelar. Seragam yang sama dikenakan saat foto resmi sebagai gubernur DKI Jakarta. Pantauan merdeka.com, Rabu (31/10) Jokowi dan Ahok menuju Balai Agung untuk sesi foto sekitar pukul 08.00 WIB. Keduanya mengenakan pakaian dinas upacara berwarna putih.

Saat memasuki ruang foto, wartawan yang sudah berkumpul langsung menanyakan penampilan Jokowi. "Pak, sudah ganteng belum pak?" tanya wartawan. "Sudah dari dulu," jawab Jokowi singkat

http://www.merdeka.com/peristiwa/menengok-8-ragam-gaya-busana-gubernur-jokowi/pakai-pakaian-dinas-upacara.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar