Latest News

Selasa, 18 November 2014

Ahok bangga dilantik Presiden Jokowi di Istana besok

Ahok bangga dilantik Presiden Jokowi di Istana besok - Di tengah gonjang-ganjing kenaikan BBM - Ahok: Enggak ada urusan dengan DPRD. Jadi, bangga dong bisa dilantik di Istana.

Ahok: Enggak ada urusan dengan DPRD. Jadi, bangga dong bisa dilantik di Istana.

Ahok bangga dilantik Presiden Jokowi di Istana besok


Di tengah situasi gonjang-ganjing politik panas terkait kenaikan harga BBM, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan melantik Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) sebagai gubernur di Istana Negara, Rabu besok (19/11/2014).
Plt Gubernur Ahok mengakui pelantikannya besok. “Katanya jam 14.00 WIB besok di Istana,” kata Ahok di sela-sela kunjungannya di Sungai Ciliwung, Jakarta, Selasa (18/11/2014).
Ahok bangga jadi gubernur pertama dilantik Presiden Jokowi di Istana, besok Kepastian pelantikan tersebut sesuai surat yang dilayangkan pihak Istana kepada Sekretaris Daerah Jakarta, Saefullah.
Mantan Bupati Belitung Timur ini mengaku, bangga menjadi kepala daerah pertama yang dilantik di Istana. Dia pun enggan memusingkan mekanisme di DPRD DKI. “Enggak ada urusan dengan DPRD. Jadi, bangga dong bisa dilantik di Istana,” selorohnya.
Kepastian Ahok diangkat menjadi Gubernur Ibu Kota untuk sisa masa jabatan hingga 2017 ditetapkan melalui Rapat Paripurna DPRD DKI, Jumat (14/11/2014) lalu. Kendati pun Koalisi Merah Putih (KMP) yang terdiri dari Fraksi Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Fraksi Demokrat-Partai Amanat Nasional (FDPAN) menolak menghadiri sidang itu.
Pasca Ahok menjabat gubernur, DPRD DKI segera membentuk alat kelengkapan dewan (AKD), agar segera bisa membahas wakil gubernur (Wagub) Jakarta. Sebab, undang-undang mengamanatkan maksimal 30 hari setelah gubernur dilantik, wagub harus
segera diangkat.
“Mekanismenya, wakil gubernur itu harus ada AKD, ada Bamus (Badan Nusyawarah), ada semuanya. Ini beda dengan Ahok (pelantikan gubernur), karena yang enggak boleh, ada jabatan kosong,” kata Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi, saat jumpa pers di Gedung DPRD, kemarin (17/11/2014).
Praktis, Ahok merupakan gubernur di Indonesia yang pertama dilantik di Istana oleh presiden sejak terbitnya Perppu Nomer 163 No 1 tahun 2014. Dalam Pasal 163 ayat (1) Perppu itu, disebutkan Gubernur dilantik oleh Presiden di ibu kota negara, (2) Dalam hal Presiden berhalangan, pelantikan Gubernur dilakukan oleh Wakil Presiden, dan (3) Dalam hal Wakil Presiden berhalangan, pelantikan Gubernur dilakukan Menteri. @fatah_sidik
Source : http://www.lensaindonesia.com/2014/11/18/ahok-bangga-dilantik-presiden-jokowi-di-istana-besok.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar