Latest News

Kamis, 16 Oktober 2014

Sembilan Kepala Negara Hadiri Pelantikan Jokowi, Siapa Saja?

Xlarge_ai-gubernur-dki-jakarta-yang-juga-presiden-terpilih-joko-widodo-bergegas-meninggalkan-balai-agung-usai-upacara-pengukuhan-pasukan-pengibar-bendera-antara-foto

Sembilan Kepala Negara Hadiri Pelantikan Jokowi, Siapa Saja?


Sembilan kepala negara dipastikan akan menghadiri acara pelantikan Jokowi-JK sebagai presiden dan wakil presiden terpilih. Siapa saja mereka?
"Sembilan kepala negara akan hadir dan utusan negara sahabat sudah konfirmasi hadir," kata  Edi Siregar, Sekretaris Jenderal MPR RI, saat mengantar surat undangan pelantikan untuk Hatta Rajasa, di Jakarta, pada Rabu (15/10/14).
Kesembilan kepala negara yang sudah mengkonfirmasi akan hadir adalah Sultan Brunei Darusalam, PM Singapura, PM Malaysia, PM Republik Haiti, Presiden Timor Leste, PM Australia, Presiden Iran, Wakil PM Thailand, dan Gubernur Jenderal Papua Nugini.
Sementara, utusan negara yang sudah mengkonfirmasikan akan hadir di antaranya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat, Menlu Selandia Baru, Menlu Inggris, Menlu Federasi Rusia, Menlu Belanda, utusan khusus Republik Rakyat China, utusan khusus Vietnam dan mantan PM Jepang.
Terkait berapa biaya acara pelantikan Jokowi-JK yang digelontorkan pemerintah, Edi tak mau merincinya. Menurutnya, anggaran pelantikan ditangani oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), sementara pihak MPR hanya menyediakan konsumsi untuk para undangan yang hadir.
Namun untuk biaya arak-arakan dan pesta rakyat yang akan digelar para relawan Jokowi-JK usai pelantikan, diperkirakan mencapai Rp 1 miliar.
"Kalau dihitung biaya sesungguhnya besar sekali, bisa lebih dari Rp1 miliar," kata Hilmar Farid, Presidium Seknas Jokowi, di Markas Seknas Jokowi, Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (14/10/2014).
Dana tersebut, katanya, merupakan swadaya dari kelompok-kelompok relawan Jokowi-JK yang ikut serta.
Sementara, Panel Barus, Koordinator Pusat Informasi Relawan Jokowi-JK mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan biaya sekitar Rp 100 juta sebagai biaya sebelum persiapan. Biaya itu digunakan untuk mencetak undangan terbuka, berupa selebaran, spanduk, atribut dan dekorasi.
"Kalau untuk biaya pra-kondisi (persiapan sebelum 20 Oktober), kita sudah keluarkan biaya sampai sekitar Rp100 juta," terang Panel Barus, di lokasi yang sama.
Demikian pula para artis yang akan memeriahkan panggung rakyat di Monas, usai pelantikan Jokowi-JK adalah artis yang rela tidak dibayar. Karena itu grup musik  Slank kemungkinan akan meramaikan acara ini. (yt astuti)
Caption foto: Jokowi, Presiden Terpilih (Antara Foto)
Source : http://www.nefosnews.com/post/pemilu-2014/sembilan-kepala-negara-hadiri-pelantikan-jokowi-siapa-saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar