Latest News

Jumat, 24 Januari 2014

Jadi Figur Populer, Jokowi Kerap Muncul dan Dibahas Media Prancis

Jokowi Blusukan Bersama Media Prancis (Bilkis/detikcom)Mulya Nurbilkis - detikNews

Jadi Figur Populer, Jokowi Kerap Muncul dan Dibahas Media Prancis



Jakarta - Jokowi sepertinya sudah menjadi magnet media luar negeri karena pola kerja blusukannya yang berbeda dengan pejabat negara lainnya. Hari ini, Jokowi kembali menjadi politisi pertama di Indonesia yang diliput oleh junalis TV5 asal Perancis.

"Dia (Jokowi) politisi Indonesia pertama yang kami ikuti. Alasannya karena dia punya gaya yang berbeda dalam memimpin," kata Steven yang menjadi koordinator jurnalis asal Perancis ini pada wartawan di sela-sela blusukan Jokowi di Bukit Duri, Jakarta Selatan, Jumat (24/1/2014).

Steven membawa 5 orang kru untuk mengikuti keseharian Jokowi sepanjang hari. Mulai dari bersepeda dari rumah dinas Jokowi di Jalan Taman Suropati hingga blusukan ke perkampungan warga di Jalan Tambak, Pegangsaan, Menteng.

Media elektronik TV5, tempat Steven bekerja memutuskan untuk meliput Jokowi setelah nama mantan walikota Solo ini kerap muncul di media-media Perancis. Ia tak menampik bahwa sosok Jokowi cukup seksi dalam pembicaraan politik di Indonesia. Namun, ia tak hanya ingin menyoroti sosok Jokowi dari sisi politik saja.

"Kami banyak membaca artikel tentan dia tapi kami juga ingin mengangkat sisi sosial dan budaya Indonesia khususnya Jakarta dibawah kepemimpinannya," sambung Steven.

Keenam jurnalis ini ikut merasakan blusukan ala Jokowi yang selalu dikerumi warga bila datang menyapa seperti di perkampungan bantaran kali Ciliwung, Kwitang, Jakarta Pusat. Media ini juga turut masuk ke gang sempit meliput Jokowi shalat Jumat di salah satu mesjid di Jalan Tambak Jakarta Pusat. Mereka terlihat agak kewalahan mengikuti gaya blusukan Jokowi.

Begitupun saat mengikuti peluncuran APRB di halte Slipi Petamburan, salah satu kameramennya nampak pasrah harus bercucuran keringat dan berdesak-desakan dalam bus selama perjalanan.

Menurut Steven, Jokowi mengantarnya untuk pertama kali mengunjungi pemukiman padat penduduk di Jakarta. Dengan gamblang Jokowi menjelaskan padanya bahwa Jakarta masih memiliki ratusan ribu pemukiman kumuh di bantaran kalinya.

"Ini baru pertama kalinya kami ke perkampungan warga, Dia orang baik dan politikus yang populer di Indonesia. Dia mempersiapkan dengan baik segala program-programnya," pungkasnya.

Rencananya mereka akan tinggal di Jakarta selama seminggu. Namun, mereka hanya mengikuti Jokowi untuk hari ini saja. Selanjutnya, rombongan ini akan menemui menteri pariwisata dan kebudayaan RI.
(bil/spt)

Source : news.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar