Latest News

Selasa, 14 Januari 2014

Kharisma Jokowi Sama Seperti Soekarno dan Soeharto

Kharisma Jokowi Sama Seperti Soekarno dan Soeharto

TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Pengamat politik, DR Siti Zuhro 

Kharisma Jokowi Sama Seperti Soekarno dan Soeharto


JAKARTA - Belum lama ini, peserta Konvensi Capres Partai Demokrat Endriartono Sutarto menyebut fenomena kegemilangan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebagai hal yang aneh.
Sosok Jokowi menjadi satu diantara pilihan masyarakat untuk pemilihan presiden 2014 lantaran Jokowi sering masuk media. Padahal menjadi seorang pemimpin wajib dilihat rekam jejaknya.
Menanggapi hal tersebut, pengamat politik LIPI Siti Zuhro mengatakan masyarakat di negara berkembang memang memiliki kecenderungan mengagumi pemimpin yang kharismatik dan populis.
"Tentunya masyarakat sangat menggandrungi tokoh yang mampu membaca tren kebutuhan masyarakat," kata Siti lewat sambungan telepon, Selasa (7/1/2014).
Sosok bersahaja dan sederhana seperti Jokowi, kata Siti, menjadi cerminan masyarakat luas saat hedonisme dan oportunis yang tinggi baik di legislatif, eksekutif dan yudikatif tidak lagi amanah dan berjamaah melakukan korupsi.
"Kegemilangan Jokowi tidak muncul begitu saja. Dia punya kharismatik sama seperti Soekarno dan Soeharto. Masyarakat Indonesia memang terobsesi memiliki pemimpin impian," ungkapnya.
Siti menilai kritikan Endriartono terhadap Jokowi dipengaruhi backgroundnya sebagai komandan militer yang mempunyai leadership ketokohan.
"Endriartono paham betul soal itu, karena kan karier tentara dari bawah. Hanya politik saja yang bisa loncat, makanya dia sangat heran sekali, kok (Jokowi) bisa jadi kutu loncat, dia juga bingung," ujarnya.
Siti menambahkan, perlu diingat agar semua pemimpin Indonesia memiliki bekal yang cukup.
"Indonesia ini secara politiknya hobi memiliki mental asal terabas. Seperti yang dibilang Mukhtar Lubis, orang karbitan. Tidak mau berkeringat, politik pencitraan yang menyesatkan," katanya.

Source : tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar