Latest News

Kamis, 03 April 2014

Roy Morgan Research Jagokan PDIP dan Jokowi

Roy Morgan Research Jagokan PDIP dan Jokowi
Bakal calon Presiden dari PDIP, Joko Widodo, saat kampanye terbuka di Malang 


Roy Morgan Research Jagokan PDIP dan Jokowi


JAKARTA - Lembaga survei asal Australia, Roy Morgan Research, menjagokan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Joko Widodoalias Jokowi sebagai capresnya akan memenangi pemilu legislatif dan pemilu Presiden 2014.
Director Roy Morgan Research, Irawati Soekirman, mengatakan 71 persen pemilih yang akan mencoblos Jokowi akan memilih PDIP dalam pemilu legislatif. Menurutnya, Jokowi menang di berbagai tempat di Indonesia setelah pengumuman dirinya capres.
"Hanya tiga atau empat provinsi Jokowi tidak nomor satu. Yang penting di Jawa, karena 60 persen masyarakat Indonesia tinggal di Jawa. Memenangkan Jawa penting sekali," kata Irawati saat rilis hasil polling di Menara Jamsostek, Rabu (2/4/2014).
Meski hasil pollingnya menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan antara perolehan suara Jokowi dan perolehan suara capres lainnya, Irawati membantah survei yang dilakukannya merupakan pesanan. "Kami tidak ada pesanan," tegasnya.
Menurutnya saat ini sulit membedakan penyebab pemilih memilih Jokowi, apakah karena rasional atau faktor emosional belaka. "Pemilih Jokowi ini usianya lebih muda, rakyat biasa. PDIP diuntungkan oleh Jokowi, bukan sebaliknya. Jokowi yang menjadi daya tarik," paparnya.
Adapun dalam hasil surveinya, Roy Morgan Research menyebut perolehan suara PDIP saat pemilu legislatif sebanyak 37 persen, Golkar 17 persen, Gerindra 14 persen, dan Partai Demokrat 10 persen. Sampel yang diambil sebanyak 2.300 responden di 34 provinsi di Indonesia.
Meski menulis metode pollingnya dengan wawancara tatap muka, Irawati menambahkan pihaknya tidak menanyakan langsung namun melihat dari pola kecendrungan memilih Jokowi.
Source : tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar