Latest News

Sabtu, 07 Desember 2013

Tinjau Festival Keraton, Jokowi Kembali Disoraki "2014"

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (mengenakan batik) menghadiri makan malam pembuka Festival Agung Keraton Nusantara atau World Royal Heritage Festival di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (4/12/2013) malam. | TRIBUNNEWS.COM/IMANUEL NICOLAS MANAFE


Tinjau Festival Keraton, Jokowi Kembali Disoraki "2014"

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tiba-tiba meninjau pagelaran agung pada Festival Keraton Sedunia, pada Sabtu, (7/12/2013) sore di Kawasan Monas, Jakarta. Padahal sebelumnya diketahui Jokowi bertolak ke Solo untuk menghadiri wisuda anak perempuannya. 

Sekitar pukul 16.40 WIB, dengan mengenakan kemeja putih lengan panjang yang digulung dengan celana panjang hitam, dan sepatu kets coklat, Jokowi berjalan di antara para penari yang bersiap pentas. Ia datang saat tarian Pabisu asal Kerajaan Siang, Pancagene, Sulawesi Selatan ditarikan. 

Tiba di area penonton, Jokowi langsung diserbu pengunjung yang ingin berjabat tangan atau menyapa dirinya. Lagi-lagi kedatangannya menyedot perhatian pengunjung Monas. Tak hanya menyerukan namanya, sebagian pengunjung juga mengucapkan berbagai harapan kepadanya. Termasuk harapan Jokowi untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. 

"Pak, 2014 pak. Jadi presiden ya pak," kata salah seorang pengunjung kepada Jokowi. Seruan itu terus terdengar mulai dari kedatangan Jokowi hingga ia bertolak menuju kediaman dinasnya. 

Tak ayal kehadiran orang nomor satu di Ibu Kota itu, membuat tarian Pabisu kehilangan sebagian penonton. Hanya penonton yang berdiri di depan panggung dan beberapa fotografer yang tetap menyaksikan atraksi tusuk dada dan pipi menggunakan keris pada tarian tersebut. 

Meskipun ada panggung penonton dengan bagian kursi yang dikhususkan bagi tamu VIP, Jokowi malah bergabung dengan penonton yang duduk lesehan di lapangan. Usai penampilan dari tarian Pabisu, pemain bagpipeSally Gautama, hadir dan membawakan lantunan lagu Halo Halo Bandung. 

Setelah nonton penampilan bagpipe, Jokowi bertolak menuju lokasi pameran Kereta Kencana yang berada tepat di sebelah timur panggung. Ia menyempatkan diri melihat-lihat beberapa unit Kereta Kencana. 

Festival Keraton Sedunia ini sebelumnya sudah dibuka oleh Jokowi pada Jumat, (5/12/2013) lalu, dan puncak acaranya akan terselenggara pada Minggu (8/12/2013) esok dengan pagelaran Kirab Budaya. Rencananya, Jokowi bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan mengenakan kostum Pangeran Jayakarta dan menyusuri kawasan Monas.
Editor : Wisnubrata


Source : JAKARTA, KOMPAS.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar