Latest News

Jumat, 14 Maret 2014

Jokowi Capres, IHSG Terbang Tinggi , Rupiah Menguat



Jokowi Capres, IHSG Terbang Tinggi ,

 Rupiah Menguat

Keputusan resmi PDI Perjuangan mencalonkan Joko Widodo sebagai presiden membawa sentimen positif bagi indeks harga saham gabungan (IHSG). Indeks di Bursa Efek Indonesia hingga pukul 15.30 WIB sore ini naik tinggi hingga menembus kisaran level 4.800. Padahal sedari pagi indeks bergerak melemah di kisaran 4.680-4.720 seiring dengan koreksi tajam yang melanda bursa Asia.

Analis dari PT Mega Capital Indonesia, Helen Vincentia, mengatakan Jokowi effect sedang melanda bursa saham. "Pasar langsung berbalik arah ketika Jokowi akhirnya secara resmi dicalonkan oleh PDI Perjuangan siang tadi," ujarnya, Jumat, 14 Maret 2014

Munculnya Jokowi memang sudah ditunggu sejak lama oleh pelaku pasar. Sebelumnya, pasar telah menunggu kepastian jadi-tidaknya Jokowi maju sebagai capres dan cenderung bersikap wait and see.

Menurut Helen, kenaikan tajam IHSG menunjukkan bahwa ekspektasi pasar cukup besar terhadap Jokowi. "Dari sekian figur capres yang muncul, tidak ada yang menimbulkan euforia begitu besar seperti Jokowi."

Meski demikian, pelaku pasar disarankan untuk tetap waspada dan tidak terlarut dalam euforia yang berlebihan. Sentimen yang disebabkan oleh faktor politik dalam negeri biasanya hanya bersifat sesaat. Indeks bakal kembali mengikuti sentimen regional dan rilis data-data ekonomi. Sedangkan rupiah terus menguat!


Source FB 
Cecillia Ning'Hk


Tidak ada komentar:

Posting Komentar